📘 Rancangan Mengajar SMB
Tema: Semangat
Kelas: TK, SD 1–6
Tanggal: Disesuaikan
Durasi: ± 60 menit
1. Tujuan Pembelajaran
-
Anak mampu memahami arti semangat.
-
Anak meneladani tokoh Buddhis (Bhikkhu Soṇa & Petapa Gotama) dalam kegigihan berjuang.
-
Anak mampu menunjukkan nilai positif: pantang menyerah, kerja sama, dan disiplin.
-
Anak mampu merefleksikan sikap semangat dalam kehidupan sehari-hari.
2. Apersepsi & Ice Breaking (10 menit)
-
Guru menyapa anak: “Selamat pagi anak-anak yang penuh semangat!”
-
Mengajak gerak dan lagu singkat (misalnya “Tepuk Semangat” atau lagu gembira).
-
Tonton video singkat kreativitas/animasi tentang anak rajin.
-
Tanya jawab singkat: “Apa artinya semangat menurut kalian?”
3. Kegiatan Inti (30 menit)
a. Cerita Inspiratif
-
Guru menceritakan kisah Bhikkhu Soṇa yang berjuang hingga kakinya berdarah, lalu belajar menyeimbangkan usahanya.
-
Guru mengaitkan dengan Petapa Gotama yang tetap semangat berlatih hingga mencapai pencerahan.
b. Diskusi Nilai Positif
-
Semangat = tidak malas, pantang menyerah, tetap berbuat baik.
-
Nilai yang dapat diambil:
-
Gigih berusaha walau sulit.
-
Pantang menyerah meski ada hambatan.
-
Kerja sama membuat kita lebih bersemangat.
-
Menghargai usaha orang lain (guru, orang tua, teman).
-
c. Aktivitas / Ice Breaking Kedua
-
Permainan “Ular Terpanjang”:
-
Anak dibagi kelompok kecil.
-
Masing-masing membuat “ular” terpanjang dari benda sekitar (pena, kertas, dll).
-
Saat guru berkata “STOP!”, kelompok dengan ular terpanjang jadi pemenang.
-
-
Tekankan kerja sama & kreativitas sebagai bentuk semangat.
4. Refleksi & Meditasi (15 menit)
-
Ajak anak duduk tenang, pejamkan mata.
-
Bimbing anak membayangkan hal-hal baik yang akan dilakukan hari ini.
-
Guru bertanya:
-
“Apa satu hal baik yang akan kamu lakukan dengan semangat hari ini?”
-
“Bagaimana rasanya kalau kita malas dan tidak bersemangat?”
-
5. Penutup (5 menit)
-
Guru menegaskan kembali sabda Buddha:
“Bangkitkan semangatmu, selalulah tegar untuk maju!” (Theragāthā 979) -
Anak bersama-sama meneriakkan yel-yel:
“Kami anak-anak penuh SEMANGAT!”
Komentar